Rabu, 06 Maret 2013

Masalah Air Radiator Grand Civic





Grand Civic LX tahun 1989. 
Setahu saya kalau mesin panas kan air dalam radiator mengalir menuju ke dalam tampungan radiator dan jika sudah dingin, air dalam tampungan radiator tersebut akan tersedot ke dalam radiator kembali.

Ketika panas, air radiator mengalir ke tampungan radiator tapi ketika dingin air dalam radiator berkurang dan volume air dalam tampungan radiator bertambah. Temperatur mesin normal.

Dicek di bengkel, paking silinder kop dan kerja radiator masih baik. Tidak ditemukan kebocoran. Mohon masukan kenapa air dalam tampungan radiator jika dingin tidak bisa kembali ke radiator.

Jawaban:

Air radiator berkurang karena air di tabung cadangan tidak masuk kembali ke dalam radiator kadang memang terjadi.

Coba lakukan hal berikut untuk mengatasinya:

1. Cek apakah ada kebocoran kecil di sisten pendinginan mesin, lakukan hal ini di bengkel yang mempunyai alat khusus, memang alat ini biasanya tidak dimiliki oleh semua bengkel radiator. Karena bocornya kecil maka berkurangnya air biasanya tidak begitu terlihat di ketinggian muka air di tabung cadangan serta tidak membuat mesin menjadi panas. Kebocoran bisa terjadi di radiator, selang radiator, water pump atau selang heater. Kebocoran kecil ini akan mengakibatkan 'kurang vacuum' sehingga tidak bisa menyedot balik air di tabung cadangan.

2. Cek tutup radiator apakah sudah usang, bila perlu ganti dengan tutup radiator yang mempunyai spesifikasi tekanan lebih tinggi.

3. Untuk radiator yang sudah pernah diservis, biasanya bagian atas radiator sudah diganti sehingga tidak original lagi. Bisa saja di bagian pengisian air radiator tidak rata sehingga tutup radiator tidak bisa menutup dengan rapat. Coba pergunakan kikir yang lebar dan coba diratakan dengan hati-hati

3 komentar:

  1. Mas, mau tanya kalau perbaikan kaki-kaki civic lx 1988, kira2 biayanya berapa ya?

    BalasHapus
  2. Mas, mau tanya kalau perbaikan kaki-kaki civic lx 1988, kira2 biayanya berapa ya?

    BalasHapus
  3. mas mau tanyak Civic LX saya kl ac nyala Rpm mesin k' malah turun. normal,y kan seharus,y kl ac nyala Rpm mesin harusnya naik kenapa,y. mohon pencerahan. terimakasih

    BalasHapus