Pada dasarnya secara fisik power steering di desain untuk pengunaan
jangka waktu yang lama, dengan melakukan perawatan yang baik dapat
menjadikan power steering memiliki masa pakai yang lebih lama,
sebaliknya, bila tidak dirawat akan menyebabkan kerusakan dan
memperpendek umur power steering.
Sebaiknya para pengguna mobil terutama SO mania mendapatkan
pengetahuan dasar mengenai power steering. Pengetahuan awal ini dapat
dijadikan panduan dalam mengendarai mobil. Gejala awal kondisi power
steering tidak bagus dapat dipantau pada saat menggerakkan stir mobil,
seperti stir menjadi lebih terasa berat dan tidak nyaman darikeadaan
normalnya.
Berikut adalah tips dan trik agar power steering awet :
Luruskan Posisi Roda Depan Saat Parkir
Saat kendaraan diparkir sebaiknya semua roda kendaraan dalam keadaaan
lurus. Bila hal ini tidak dilakukan, pada jenis Power Steering Rack
& Pinion yang biasa digunakan pada tipe sedan dan minibus akan
menimbulkan kebocoran dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena
bila kemudi diparkirkan dalam keadaan berbelok As Rack Steer (Bootster)
dapat menimbulkan perubahan suhu yang dapat membuat komponen karet
Bootster cepat sobek/alot sehingga kotoran atau air dapat masuk sehingga
dapat merusaknya.
Cara Membelokkan Stir
Usahakan untuk selalu mengendarai mobil secara halus, terutama saat
berbelok/menikung untuk tidak menahan kemudi dalam posisi mentok atau
patah terlalu lama.
Apabila kemudi dibelokkan secara patah akan menyebabkan suhu yang tinggi
pada satu bagian sisi Rack Pinion Steer, sehingga daya tahan
Seal/Gasket yang ada tidak kuat yang menyebabkan kebocoran.
Rutin Periksa dan Ganti Oli Power Steering
Periksalah kondisi oli power steering, apabila oli tersebut sudah
berubah warna segera ganti / kuras dengan oli baru. Perubahan warna oli
ini disebabkan karena perubahan suhu yang tinggi akibat adanya tekanan
tinggi dari pompa oli.
Oli Power Steering sebaiknya dikuras setelah 25.000 km pemakaian.
Menguras atau flushing berarti selalu menjaga kualitas oli untuk power
steering sehingga dapat mencegah kotoran yang bisa mengendap di saluran
Power Steering akibat dari oli yang sudah tidak bagus lagi. Kalau oli
yang telah lama dibiarkan terus, pastinya akan mengurangi kemampuan
kerja serta dapat dapat mengakibatkan keausan pada power steering
tersebut.
Perhatikan dan Periksa Kondisi Kaki-Kaki
Periksalah sektor kaki-kaki kendaraan minimal sebulan sekali, karena
sektor ini juga berhubungan dengan power steering. Antara Balljoint
roda, Tie rod dan Long Tie rod bekerja saling berhubungan juga dengan
power steering. Karena saat komponen tersebut
bekerja seperti berbelok, maka sistem power steering juga ikut
bekerja, sehingga apabila komponen kaki-kaki tersebut bermasalah,
kemungkinan besar sistem kerja power steeringnya juga akan mengalami
masalah.
Jaga Kondisi dan Tekanan Angin Ban
Ban merupakan salah satu piranti vital kendaraan selain berfungsi
sebagai “sepatu”, ban juga digunakan sebagai output untuk menentukan
arah dan dapat mempengaruhi kinerja power steering itu sendiri. Usahakan
agar kondisi ban selalu dalam keadaan yang baik dan hindari kebotakan
maupun kurangnya tekanan angin, karena bila tidak, dapat menyebabkan
beban power steering menjadi berat sehingga dapat menyebabkan kerusakan
pada komponen power steering. *’Bukankah merawat lebih baik daripada
memperbaiki’
Jenis-Jenis Power Steering
Power steering telah lama dikenalkan pada dunia sejak tahun 1951, sejak
saat itu mengendalikan kendaraan menjadi lebih mudah karena adanya
sistem ini. Berawal dari penemuan sistem hidrolik, power steering
merupakan salah satu penemuan hebat yang dapat dirasakan manfaatnya
hingga saat ini khususnya dalam sisi sensitifitas handling mobil yang
menjadi lebih responsif dan ringan.
Saat ini secara umum telah dikenal beragam jenis power steering yang diterapkan pada mobil, yaitu :
Power Steering Konvensional / Hidrolik
Power steering ini di gunakan pada mobil biasanya keluaran sebelum tahun
2000 atau pada kendaraan operasional. Sistemnya masih menggunakan
hidrolik yaiu menggunakan oli sebagai pompa untuk menekan sehingga stir
terasa lebih ringan dan mudah dikendalikan. Dalam hal perawatannya,
jenis ini lebih mudah untuk dirawat karena hanya menggunakan oli pada
pirantinya untuk dapat bekerja dengan baik. Power steering ini banyak
digunakan pada mobil keluarga atau kelas middle end, seperti Toyota
Avanza, Daihatsu Xenia, dsb.
Full Electric / Electric Power Steering (EPS)
Electric power steering merupakan salah satu sistem terbaru dan banyak
diaplikasikan pada mobil generasi baru. Pada sistem power steering full
electric, motor elektrik bekerja langsung dalam membantu gerakan kemudi,
sehingga seluruh sistem power steering electrical bekerja secara
electric kemudian disalurkan menjadi energi mekanik. Letak sistem
electric pada power steering ini adalah menempel pada batang kemudi/rack
dan gearbox steer.Mobil yang menggunakan power steering jenis EPS ini
adalah seperti Toyota Vios, Toyota Yaris, Suzuki Karimun, Toyota Crown,
Suzuki Swift dan Honda Jazz.
Semi Electric / Dynamo Power Steering
Umumnya digunakan pada mobil eropa atau mobil lama yang masih
menggunakan kerja hidrolik sebagai sistem utama penggerak power steering
ini. Pada semi electric, putaran motor elektrik hanya dimanfaatkan
untuk mendorong hidraulis. Fungsi ini sebagai pengganti power steering
pump yang menempel di mesin dan diputar oleh sabuk van belt. Letaknya
tidak menempel pada mesin dan masih mengandalkan minyak untuk
meringankan gerak setir melalui selang tekan dan selang balik dari
minyak. Contoh mobil yang menggunakan jenis EPS ini adalah Mercedes Benz
A-Class, Chevrolet Zafira.
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 13
BalasHapus[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 14
[>>>] Modifikasi Mobil Menggunakan Velg Hitec Racing
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg ay179
[>>>] Modifikasi Mobil Racing R13X55H8ET15
[>>>] Cara Membaca Velg Ricing
[>>>] Tips Modifikasi Mobil
[>>>] Modifikasi Mobil Terios jadi 4WD
[>>>] Modifikasi Honda Jazz
[>>>] Modifikasi Mobil BMW X5
[>>>] Modifikasi Mobil Avanza 2008
[>>>] Modifikasi Honda Civic Wonder
[>>>] Modifikasi Terios
[>>>] Modifikasi Mobil Paling Gila Di Dunia
[>>>] Seputar CIVIC WONDER
[>>>] Tips Mengganti Velg Mobil
[>>>] Cara Memilih Velg Mobil Yang Bagus
[>>>] Mobil Tampil Garang Dengan Velg Racing
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 15
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 16
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 17
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 18
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 19
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 20
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 22